Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Android Dan IPhone Kuasai 96% Pasar Smartphone

Posisi Android dan ios yang masih kuat dalam bisnis smartphone di seantero jagat. Laporan penjualan ponsel pintar global pada kuartal kedua 2015 dari Gartner, memperli- hatkannya.Sementara itu, BlackBerry terus menyusut dan Microsoft stagnan.

Laporan Gartner yang dikutip CNN mengatakan, ada 329 juta unit ponsel pintar terjual pada kuartal kedua 2015. Dari jumlah itu, sebanyak 319 juta unit adalah perangkat berbasis Android dan i0S yang mewakili 96,8 persen pangsa pasar.Jika dibedah, Android masih mendominasi pasar sistem operasi ponsel pintar dengan 82,2 persen atau terjual sekltar 271 juta unit

Sayangnya, pertumbuhan pangsa pasar Android mengalami penurunan dari 83,8 persen pada periode yang sama tahun 2014.

Sementara ponsel berbasis i0S atau iPhone, kini tumbuh menjadi 14,6 persen atau terjual, sekitar 48 juta unit dibandingkan dengan pangsa pasar 12,2 persen pada periode yang sama tahun lalu. Sistem operasi ponsel Windows dan BlackBerry pada kurtal kedua 2015 masing-masing hanya meraih 2,5 persen dan 0,3 persen.

Di tahun periode yang sama tahun sebelumnya, keduanya masing-masing meraih pangsa pasar 2,8 persen dan 0,7 persen.

Gartner mengatakan industri ponsel pintar mungkin akan mencapai tahap kematangan, karena pasar yang sangat besar seperti Tiongk0k, mulai mencapai titik jenuh. Di kuartal ini, penjualan Ponsel pintar di Tiongkok turun 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014. “Tiongkok telah mencapai kejenuhan pasar ponsel yang pada dasarnya didorong oleh sedikitnya konsumen yang mengganti perangkat, dan jumlah pembeli ponsel pintar pertama kali yang lebih sedikit," kata Anshul Gupta, Direktur Riset di Gartner.

Tiongkok disebut Gupta menyumbang sekitar 30 persen dari total penjualan ponsel pintar global pada kuartal kedua 2015.

Posting Komentar untuk "Android Dan IPhone Kuasai 96% Pasar Smartphone"